Bahaya Nindik !

on 10 Oktober 2011

          Alangkah bangganya apabila seseorang dapat mengikuti trend yang selalu uptude pada zaman sekarang ini, sekarang tindik telah menjadi trend di kalangan anak muda, dulu pemakaian tindik hanya didominasi oleh kalangan kaum hawa, sekarang kaum adam pun banyak. Tindik di zaman sekarang ini sudah bukan merupakan hal yang tabu lagi lagi apabila dipakai oleh pria maupun wanita dikarenakan perkembangan zaman yang semakin maju, dan budaya barat yang pelan – pelan masuk dan berkembang di ndonesia. 
              Tidak hanya itu, tindik yang dulu hanya dipakai di telinga saja sekarang sudah mulai merambah di daerah tubuh yang memiliki tulang rawan atau daging lunak seperti di lidah, bibir, alis, hingga pusar pun juga di tindik. Dan yang lebih parahnya lagi ada beberapa orang yang rela membolong telinganya hingga diameter 3cm lebih hanya untuk mengikuti trend zaman yaitu dengan di tindik, orang seperti ini biasanya tergolong orang yang menyukai kebebasan dan anti kemapanan dan tidak pernah suka diatur yang artinya bebas dari aturan masyarakat, contoh orang yang erat dengan ciri-ciri tesebut yaitu anak punk, pengamen jalanan, anak jalanan, dll.    
               Sebagian dari mereka tidak menyadari bahwa ada bahaya dari pemakaian tindik itu sendiri,  pemasangan tindik dapat menimbulkan efek samping pada kesehatan, terlebih jika pemasanganya tidak memenuhi standart medis, bahkan ada juga orang yang nekat memasang tindik sendiri menggunakan jarum, hal tersebut bisa menimbulkan infeksi pada bagian yang ditindik.
Tindik lidah
Menindik di bagian tubuh ini bisa menyebabkan gigi merenggang, kerusakan gusi serta menajdi tempat berkumpulnya bakteri. Hal ini karena mulut mengandung banyak bakteri yang tercipta dari makanan yang tersisa. Selain itu perhiasan yang digunakan juga berisiko tertelan secara tidak sengaja.

    Tindik pusar
    Menindik bagian tubuh ini sangat memungkinkan terjadinya infeksi karena iritasi dari pakaian ketat yang digunakan. Hal ini karena kulit pusar merupakan bagian yang sangat sensitif.

       
      Tindik telinga bagian atas
      Menindik bagian telinga tersebut lebih berbahaya karena terdapat tulang rawan disepanjang tepi telinga. Jika terjadi infeksi di bagian tulang rawan tersebut akan lebih sulit untuk diobati dan bisa memicu kecacatan pada telinga.


      Tindik alis
      Menindik bagian tubuh ini sangat berisiko jika tidak dilakukan ditempat yang tepat. Tindik harus dilakukan pada sudut 40 derajat dari sudut luar mata. Jika tempatnya tidak tepat maka berisiko mengalami kerusakan saraf, karena daerah tersebut mengandung 3 saraf supra orbital besar.



        Leave a Reply