Duduk Terlalu Lama Memicu Kematian

on 04 Desember 2011

         Setiap hari, pasti seseorang duduk, apalagi para pelajar, harus duduk selama berjam-jam tiap hari, juga orang kantoran yang harus berhadapan didepan komputer setiap hari berjam-jam. Tapi, taukah kamu bahwa duduk terlalu lama, dapat memicu kematian? Duduk, sama saja dengan menonaktifkan otot. Makanya, duduk sambil bermain komputer atau nonton Tv terlalu lama dapat berdampak
buruk
Sebuah studi terbaru menemukan, bahwa semakin lama Anda duduk, maka risiko kematian akan semakin meningkat. Terutama bagi seorang wanita. Mengapa Demikian ?

    American Cancer Society dengan peneliti Alpa Patel, mengatakan risiko tersebut tergantung pada kadar kegiatan fisik.

Seorang wanita yang dilaporkan menghabiskan waktu enam jam per hari untuk duduk, 37% dari mereka meninggal dunia selama studi tersebut. Berbeda dengan pria yang hanya 18%, dan mereka yang duduk tiga jam / hari, berisiko lebih kecil. Risiko kematian akibat penyakit jantung dan pembuluh darah, lebih besar dari kematian akibat kanker.

"Duduk terlalu lama dan aktivitas fisik yang jarang, memiliki konsekuensi pada organ pencernaan, dan ikut berpengaruh menimbulkan penyakit trigliserida, kolesterol, tinggi kepadatan lipoprotein, glukosa berkurang, tekanan darah tersumbat, dan leptik, yang semuanya mengarah pada obesitas dan penyakit kardiovaskular serta penyakit kronik lainnya," kata Patel yang dilansir Times of India, Rabu (5/1/2011).

Peneliti menyimpulkan, "Pesan kesehatan publik dan petunjuknya harus memasukkan pentingnya mengurangi waktu duduk dan beraktivitas fisik lebih sering."

Hasil studi telah dipublikasikan secara online pada The American Journal of Epidemiology.

Leave a Reply